Seberangi Sungai Cigadung, Warga Bantargadung Sukabumi Terpaksa Lalui Jembatan Miring

Fondasi jembatan di Kampung Bantargadung, Desa/Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat nyaris ambruk dihantam luapan air SungaiCigadung pada Rabu (2/3/2022) kemarin. Kepala Desa Bantargadung Edeh Kurniasih mengatakan, rusaknya fondasi jembatan membuat kondisi badan jembatan miring, sehingga warga yang melintas harus berhati hati. "Masih bisa dilewati tapi harus hati hati, soalnya bahaya sewaktu waktu fondasi hancur jembatan juga hancur.

Ini kalau enggak salah jembatan diperbaiki tahun 2020 dengan pemasangan bronjong pada bagian fondasi, sekarang hilang rusak," ujarnya kepada wartawan, Kamis (3/3/2022). Ia mengatakan, jembatan yang menghubungkan antar kampung mulai dari Kampung Bantargadung, Pameungpeuk, Kubang, Lewipari, dan Cumanggala itu merupakan akses vital perekonomian warga. "Ini sangat vital, kalau ini rusak masyarakat harus memutar jauh untuk sampai ke kampung sebelah. Jadi sangat segera perlu perbaikan, kalau dibiarkan lama ini bisa hancur jembatannya, air sungai masih besar. Kami berharap ada bantuan dari pemerintah lebih tinggi untuk perbaikan jembataan ini," ujarnya.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Bantargadung Sihabudin, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk penanganan kerusakan fondasi jembatan itu. "Kami sudah berkordinasi dengan pemerintah setempat dan unsur lainnya agar segera dapat penanganan," katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.