Cara Beli BBM Tanpa Aplikasi MyPertamina dan Jenis Kendaraan yang Wajib Pakai MyPertamina

Mulai 1 Juli 2022, pengguna bahan bakar minyak (BBM) berjenis Pertalite dan Solar diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina saat bertransaksi di SPBU. Nantinya, aturan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk membeli Pertalite dan Solar akan diterapkan dalam beberapa tahap. Tahap pertama akan dilakukan di 11 daerah di lima provinsi.

Lantas, bagaimana jika tidak memiliki ponsel? Apakah bisa beli BBM tanpa aplikasi MyPertamina? Menjawab pertanyaan tersebut, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T, Irto Ginting, menjelaskan bahwa ada dua mekanisme penggunaan MyPertamina.

Pertama, adalah pendaftaran akun MyPertamina. Kedua, adalah pembelian. "Kalau pas beli (BBM) tidak wajib pakai aplikasi."

"QR Code sebagai tanda bukti daftar bisa disimpan di ponsel atau di print ," terang Irto. Karena itu, menurut Irto, saat membeli BBM, konsumen tidak perlu menyalakan paket data atau internet, cukup scan saja QR Code pendaftaran akun MyPertamina. Di sisi lain, jika ada pelanggan yang tidak memiliki ponsel (smartphone), maka konsumen tersebut akan dibantu oleh petugas clinic MyPertamina di SPBU tertentu.

Petugas tersebut akan membantu melakukan pendaftaran menggunakan perangkat yang disiapkan oleh Pertamina. "Nanti disiapkan clinic di SPBU tertentu untuk membantu pendaftarannya," kata dia. Lebih lanjut, Irto menjelaskan jenis kendaraan apa saja yang diwajibkan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Dikatakan Irto, kendaraan yang wajib menggunakan aplikasi MyPertamina adalah kendaraan roda 4 ke atas. Nantinya, proses pembayaraan bisa menggunakan kartu, cash, atau aplikasi MyPertamina. "(Motor) belum," kata Ginting kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli Pertalite dan Solar bersubsidi? Berikut cara menggunakan aplikasi MyPertamina: 1. Download aplikasi MyPertamina.

2. Masukkan data Anda, seperti nama, nomor telepon, dan tanggal lahir. 3. Setelah itu, atur PIN Anda untuk mengakses MyPertamina. 4. Lakukan aktivasi dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS.

5. Login akun dengan memasukkan nomor telepon dan PIN yang telah terdaftar. 6. Jika berhasil masuk, sambungkan terlebih dahulu aplikasi MyPertamina dengan akun LinkAja untuk memudahkan transaksi. 7. Setelah berhasil menyambungkan dan saldo LinkAja cukup, klik 'Bayar' pada halaman awal MyPertamina.

8. Arahkan kamera HP Anda pada mesin EDC SPBU Pertamina tempat Anda membeli bensin. 9. Scan QR Code yang ditampilkan mesin EDC. 10. Setelah harga dan jumlah liter sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik 'Bayar'.

11. Masukkan PIN akun LinkAja. 12. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.