Putin: AS adalah Ancaman Utama bagi Rusia

Presiden Vladimir Putin mengatakan Amerika Serikat (AS) adalah ancaman utama bagi Rusia. Pernyataan ini disampaikan Putin tepat saat perayaan Hari Angkatan Laut di St Petersburg. Dikutip dari , Putin telah menandatangani doktrin Angkatan Laut baru yang menjadikan AS sebagai saingan utama dan menetapkan ambisi maritim global Rusia untuk area area penting, seperti Arktik dan Laut Hitam.

Putin juga melontarkan pujian untuk Tsar Peter the Great, pendidik AL Rusia, karena menjadikan Rusia memiliki kekuatan laut yang hebat dan meningkatkan posisi negara ini secara global. Doktrin angkatan laut setebal 55 halaman yang baru, menetapkan tujuan strategis AL yang luas, termasuk ambisinya sebagai “kekuatan maritim yang besar” yang meluas ke seluruh dunia. Ancaman utama bagi Rusia, kata doktrin itu, adalah "kebijakan strategis AS untuk mendominasi lautan dunia" dan gerakan aliansi militer NATO lebih dekat ke perbatasan Rusia, sebagaimana diberitakan .

Rusia dapat menggunakan kekuatan militernya secara tepat untuk situasi di lautan dunia jika kekuatan lunak lainnya, seperti alat diplomatik dan ekonomi, habis, kata doktrin itu. Putin tidak menyebutkan konflik di Ukraina selama pidatonya, tetapi doktrin militer merencanakan "penguatan komprehensif posisi geopolitik Rusia" di Laut Hitam dan Azov. Doktrin itu juga menetapkan Samudra Arktik, yang AS telah berulang kali katakan bahwa Rusia sedang mencoba untuk melakukan militerisasi, sebagai wilayah yang sangat penting bagi Rusia.

Garis pantai Rusia yang luas sepanjang 37.650 km (23.400 mil), membentang dari Laut Jepang hingga Laut Putih, juga mencakup Laut Hitam dan Laut Kaspia. Setelah memeriksa AL, Putin membuat pidato singkat di mana ia menjanjikan apa yang disebut sebut sebagai rudal jelajah hipersonik Zirkon Rusia yang unik, memperingatkan bahwa Rusia memiliki kekuatan militer untuk mengalahkan setiap agresor potensial. Putin mengatakan pengiriman rudal jelajah hipersonik Zirkon ke fregat Laksamana Gorshkov akan dimulai dalam beberapa bulan.

Lokasi penempatan mereka akan tergantung pada kepentingan Rusia, katanya. "Kuncinya di sini adalah kemampuan AL Rusia … Ia mampu merespons dengan kecepatan kilat kepada semua orang yang melanggar kedaulatan dan kebebasan kita," katanya. Senjata hipersonik dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara, dan Rusia telah melakukan uji peluncuran Zircon sebelumnya dari kapal perang dan kapal selam selama setahun terakhir.

Militer Ukraina mengatakan telah membunuh ratusan tentara Rusia dalam pertempuran di wilayah selatan, salah satunya di Kherson. Diketahui, pasukan Ukraina belakangan ini fokus melancarkan serangan balasan ke Kherson serta mata rantai utama di jalur pasokan tentara Moskow. Dilansir , lalu lintas kereta api ke Kherson di atas Sungai Dnieper telah dipotong, lapor komando selatan militer pada Sabtu (30/7/2022).

Kondisi ini akan membuat pasukan Rusia yang ada di sisi barat sungai semakin terisolasi dan tidak terjangkau pasokan dari Krimea dan wilayah timur Ukraina. Pejabat pertahanan dan intelijen Inggris menilai pasukan Rusia saat ini berjuang untuk mempertahankan momentum kemenangan. Dalam beberapa pekan terakhir, Ukraina sukses merusak tiga jembatan di Sungai Dnieper menggunakan sistem rudal jarak jauh bantuan dari Barat.

Akibatnya, transportasi ke Kota Kherson terputus dan membuat Angkatan Darat ke 49 Rusia dalam posisi rentan, kata intelijen Inggris. Komando selatan militer Ukraina mengatakan, lebih dari 100 tentara Rusia tewas dan tujuh tank hancur dalam pertempuran di selatan pada Jumat (29/7/2022). Wakil kepala pertama dewan regional Kherson, Yuri Sobolevsky, mengatakan kepada warga untuk menjauh dari tempat pembuangan amunisi Rusia.

"Tentara Ukraina mencurahkannya untuk melawan Rusia dan ini baru permulaan," tulis Sobolevsky di Telegram. Gubernur wilayah Kherson yang pro Ukraina, Dmytro Butriy, mengatakan distrik Berislav sangat terpukul. Berislav berada di seberang sungai di barat laut pembangkit listrik tenaga air Kakhovka.

"Di beberapa desa, tidak ada satu rumah pun yang dibiarkan utuh, semua infrastruktur hancur dan orang orang tinggal di ruang bawah tanah," tulis Butriy di Telegram. Pejabat pemerintahan yang ditunjuk Rusia untuk wilayah Kherson awal pekan ini menolak penilaian Barat dan Ukraina atas situasi tersebut. Dalam pembaruan intelijen pada Sabtu (30/7/2022), Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia kemungkinan telah mendirikan dua jembatan ponton dan feri untuk trasportasi alternatif setelah jembatan utama dirusak militer Ukraina.

Masih menurut info tersebut, dikatakan bahwa otoritas pro Kremlin di wilayah pendudukan Ukraina selatan akan bersiap untuk mengadakan referendum untuk bergabung dengan Rusia akhir tahun ini. "Kemungkinan (otoritas) memaksa penduduk untuk mengungkapkan rincian pribadi untuk menyusun daftar suara," tambahnya. Sebelumnya pada Jumat, Kementerian Pertahanan Inggris menyebut Kremlin semakin putus asa setelah kehilangan puluhan ribu tentara.

Kepala badan intelijen asing Inggris, MI6, Richard Moore, menulis cuitan di Twitter bahwa Rusia kehabisan tenaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.