Hidayat Nur Wahid : Penetapan 3 DOB Papua Diharapkan Tutup Celah Kelompok Separatis  

Pemerintah dan DPR resmi membentuk 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, meliputi Papua Selatan, Papua Tengah dan Pegunungan. Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid berharap 3 DOB tersebut bisa diisi oleh wakil rakyat yang jelas berpihak pada rakyat Papua dalam lingkup NKRI. Harapannya, dengan hadirnya wakil rakyat yang berpihak pada kesejahteraan rakyat Papua bisa menutup celah bagi kelompok separatis untuk memisahkan Papua dan NKRI dengan iming iming dalih kesejahteraan.

“Lebih bisa menghadirkan wakil wakil rakyat yang betul betul berpihak pada Papua dalam konteks NKRI, untuk kemudian membangun Papua menyejahterakan Papua sehingga tidak ada lagi celah hadirnya separatis yang mungkin mengiming imingi dengan dalih kesejahteraan,” kata Hidayat di Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2022). Terkait dampak pembentukan DOB dengan pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS ini mengatakan hal itu pasti akan jadi pembahasan oleh Komisi II DPR RI. Namun Hidayat berharap hadirnya 3 daerah pemerintahan baru di Papua dapat membenahi pelaksanaan Pemilu di Bumi Cenderawasih.

“Itu di Komisi II ya mestinya dibahas, tapi tentu harapannya adalah kan selalu saja pemilu di Papua itu banyak hal yang kemudian harus selalu diberikan perhatian lebih dan harus selalu dilakukan perbaikan,” ungkap dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.